Hai, Sobat Inspirasi...

Kalian mungkin sudah tahu kalau kedewasaan bukan hanya diukur dari umur seseorang. Semakin bertambahnya umur belum tentu kedewasaan seseorang meningkat. Kedewasaan biasanya diukur dari karakter dan kecerdasan emosional. Kedewasaan biasanya juga dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan dan pergaulan sehari-hari.

Mungkin ada dari kalian yang belum paham betul bagaimana caranya menjadi pribadi yang dewasa.

Nah, mari kita bahas sama-sama dan perhatikan hal mana saja yang sudah ada di dalam diri Sobat Inspirasi semua.

1. Mampu Melihat Situasi

Image by Dimitris Vetsikas from Pixabay

Pernah melihat anak kecil menangis kencang di tengah keramaian? Ya, pasti pernah, dan kalian pasti tau alasannya. Anak kecil belum mempunyai kedewasaan dan kuasa untuk mengendalikan emosi, itu sebabnya mereka akan bertindak seperti apa yang diinginkan oleh perasaannya tanpa melihat situasi.

Kalau kalian ingin mengukur seberapa dewasa kah diri sendiri, maka mulailah untuk memperhatikan mood kita sesuai situasi. Apakah masih sering marah-marah di tempat umum? Masih sering jengkel pada banyak orang padahal sebenarnya hanya bermasalah dengan satu orang saja? Nah, coba latihan lagi yuk untuk mengendalikan diri sendiri.

2. Bijaksana

Image by Pexels from Pixabay
Bijaksana adalah sebuah sifat yang mungkin sering kita dengar dan identik disematkan kepada orang-orang besar atau orang tua. Namun, pastinya kalian semua sudah tahu, bijaksana tidak hanya dimiliki oleh orang-orang besar atau orangtua saja.

Seseorang yang bijaksana akan selalu berpikir sebelum bertindak, ia akan lebih mementingkan keperluan yang memang harus didahulukan ketimbang hanya mementingkan egoismenya semata.

3. Punya Tujuan Hidup

Image by Pexels from Pixabay
Seseorang yang sudah dewasa akan menyadari kalau hidup adalah dinamis dan terus berjalan. Maka dia akan mulai untuk merencanakan apa saja yang nantinya bakal memudahkan kehidupannya kelak.

Ia sadar bahwa hidup pasti memiliki tujuan yang harus dicapai untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Bekerja keras adalah salah satu bentuk realisasi dari kesadaran seseorang untuk mencapat tujuan hidup tersebut.

4. Ucapkan Maaf, Tolong dan Terima Kasih

Image by mohamed Hassan from Pixabay
Sopan santun adalah salah satu tolak ukur seseorang bisa dikatakan berilmu dan beretika. Hal ini juga bisa menentukan seberapa dewasa kamu dalam berkomunikasi dengan orang lain untuk mnegucapkan maaf, tolong dan terima kasih.

Seseorang yang belum betul-betul dewasa biasanya akan merasa malu bahkan gengsi untuk mengungkapkan hal-hal di atas, beda dengan seseorang yang sudah memiliki kedewasaan, ia akan lebih terbuka untuk mengucapkan maaf, tolong dan terima kasih saat ia berinteraksi dengan sesama.

5. Hidup Lebih Berprinsip

Saat masih kecil, kamu mungkin akan diarahkan dalam segala hal, entah itu memilih sekolah, hobi, pakaian dan lain-lain. Setelah dewasa kamu akan memiliki kemampuan untuk menentukan pilihanmu sendiri. Tidak ada yang bisa mengganggu keputusanmu karena kamu adalah seseorang yang berprinsip.

Eits! Tapi jangan lupa untuk selalu menghargai saran dan masukan yang bermanfaat dari orang lain, ya. Karena jika masih arogan dan selalu merasa benar, itu bukan tanda bahwa kamu sudah benar-benar dewasa.

6. Bertanggung Jawab

Sobat Inspirasi, lari dan menghindar dari masalah adalah tindakan yang sangat tidak dewasa. Jika kamu memiliki pilihan atas apa yang kamu perbuat, maka kamu pun harus siap untuk menanggung segala hasil, baik hasil yang bagus atau pun jelek.

Hidup tidak akan pernah berjalan mulus seperti yang kita bayangkan, makanya saat kamu menentukan suatu pilihan dan hasilnya tidak sesuai rencana, hadapi! Jangan sampai kamu kabur dan tidak bertanggung jawab atas apa yang kamu pilih di awal. Ingat itu, ya.

7. Menghargai Sesama

Image by www_slon_pics from Pixabay
Prilaku menghakimi orang lain sama sekali bukan ciri orang yang sudah dewasa. Seiring dengan pengalaman bertemu dengan orang banyak, kamu akan lebih mengerti bahwa kamu tidaklah hidup sendirian. Ada berbagai macam kehidupan di dunia ini, dan tidak semuanya berada di pihakmu.

Maka sikap yang akan diambil oleh seseorang yang sudah dewasa adalah menerima dan mampu menghargai sesama, mampu melihat keindahan dalam perbedaan, namun tetap teguh pada prinsip yang dipegang.

8. Mandiri

Image by Serena Wong from Pixabay
Salah satu ciri kamu sudah dewasa selanjutnya adalah mandiri. Mandiri dalam artian, kamu sudah bisa berdiri sendiri tanpa harus menunggu bantuan orang lain. Namun bukan berarti kamu harus mengasingkan diri dan menolak semua uluran tangan yang datang, lho.

Maksud mandiri di sini adalah, kamu menjalani hidup yang sudah kamu perkirakan sebelumnya, bahwa kamu sanggup dan bisa meng-handle kehidupanmu itu. Tidak lagi meminta untuk ditemani dan dibantu selagi diri sendiri mampu untuk menuntaskan hal tersebut.

9. Tidak Berlebihan Menanggapi Sesuatu

Seseorang yang dewasa biasanya akan lebih kalem terhadap suatu permasalahan. Saat mendapatkan satu masalah, orang yang belum dewasa akan fokus pada titik masalah yang ada, sementara orang dewasa akan langsung fokus untuk mencari sebuah jalan keluar, kemudian memikirkannya dengan tenang dan tidak memaksakan diri.

Nah itu tadi beberapa ciri yang menunjukkan bahwa kamu sudah lebih dewasa dari sebelumnya, Sobat. Kebiasaan yang mana nih yang masih belum kamu ubah? Yuk upgrade kuaitas hidupmu dengan menjadi seseorang yang lebih dewasa.

Post a Comment

Previous Post Next Post