5 Skill ini Selalu Dibutuhkan Dimanapun dan Kapanpun

Tantangan mencari pekerjaan di masa yang akan datang akan semakin sulit. Penyebabnya bukan karena kamu enggak berpendidikan, tapi bisa jadi karena jumlah lapangan pekerjaan yang ada, tidak sebanyak jumlah orang yang membutuhkannya. Bisa juga karena perusahaan saat ini membutuhkan karyawan yang memiliki skill tertentu, sehingga persaingan yang ketat mungkin akan kamu hadapai di masa yang akan datang nih, Sobat.

Untuk kamu yang mungkin enggak mampu meneruskan pendidikan tinggi karena terhambat biaya, males, sibuk atau emang nggak punya minat meneruskan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi karena keburu nikah, kamu bisa asah skill kamu. Setidaknya bila kamu enggak diterima pekerjaan, kamu bisa mencari alternatif lain dengan skill yang kamu miliki.

1. Skill Berbahasa

Photo from Pexels
Udah banyak perusahaan yang menuntut karyawannya untuk mampu berbahasa asing terutama bahasa Inggris loh, sob. Meskipun tidak semua ya, tapi kebanyakan perusahaan besar sudah menerapkan ini. Karena banyak perusahaan besar yang mempekerjakan tenaga kerja asing. Nah, ada baiknya mulai sekarang kamu belajar bahasa asing, deh. Selain untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa yang akan datang, seorang yang mahir berbahasa asing juga punya peluang yang banyak untuk mendapatkan penghasilan. Kamu bisa menjadi tour guide (pendamping turis), Penerjemah, Editor buku-buku berbahasa asing, menjadi TKI dan lain-lain.
 
Selain bahasa untuk komunikasi, kamu juga bisa mempelajari bahasa teknologi seperti pemrograman dll. Bila kamu mahir berbahasa ini, banyak perusahaan yang membutuhkan skill kamu, loh. Kamu juga bisa berdikari sendiri untuk bekerja sebagai freelancer. Asik kan?

2.Skill Memasak

Photo from Pexels
Skill memasak merupakan skill di mana seseorang mampu meracik bahan baku dan bumbu sehingga menjadi makanan yang enak. Dengan mempelajari skill memasak, kamu bisa mendapatkan peluang untuk sukses di masa yang akan datang, loh.

Selain kamu punya peluang untuk diterima bekerja di perusahaan kuliner, kamu juga punya peluang untuk membuka usaha sendiri, jadi kamu nggak perlu panik kalau belum dapat pekerjaan. Kamu bisa mempelajari skill memasak dari makanan berat hingga makanan ringan dan dari masakan tradisional, hingga masakan Internasional. Untuk mempelajari skill memasak kamu bisa memilih untuk sekolah di jurusan Tata boga atau bisa juga ikut kursus memasak baik offline maupun online. Gaji seorang juru masak yang sudah ahli di Indonesia jumlahnya lumayan fantastis, lho, sekitar 390 juta-440 juta. Bagaimana? Cukup menggiurkan bukan?


3. Skill Menjahit

Photo by nappy from Pexels
Kain merupakan komoditi yang sangat dibutuhkan di Indonesia, sebab banyak turunan-turunan kain yang bisa dibuat menjadi bahan-bahan seperti pakaian, peralatan dan perlengkapan. Karena kebutuhan  kain sangat besar, secara otomatis skill menjahit menjadi sangat dibutuhkan, sob.
Dengan menguasai skill menjahit, kamu berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan garmen, konveksi, butik dan lain-lain. Kamu juga bisa membuat produk jahitan sendiri untuk mendapakan penghasilan. Kamu nggak perlu takut bersaing dengan yang lain karena jenis produk kain sangat beragam dan tentunya style dalam berpakaian akan selalu berkembang setiap zaman.
Untuk mempelajari skill ini kamu bisa masuk ke jurusan tata busana, atau ikut kursus menjahit yang sudah banyak dibuka di berbagai daerah.

4. Skill Bercocok Tanam

Photo from pexels

Mengingat Indonesia memiliki tanah yang subur, bercocok tanam menjadi salah satu skill yang perlu kamu asah, Sobat. Bercocok tanam tidak spesifik hanya untuk orang-orang yang tinggal di pedesaan saja. Teknologi yang semakin canggih mampu meningkatkan kualitas tanaman walaupun hanya ditanam di lahan yang sedikit atau sempit. Contohnya, Sobat semua bisa mempelajari teknik bercocok tanam yang biasa disebut hidroponik.
Untuk saat ini kalau sobat mau mempelajari bercocok tanam yang lebih spesifik, sobat bisa melanjutkan kuliah di jurusan Pertanian. Sobat juga bisa belajar bercocok tanam dari buku-buku dan tutorial yang ada di youtube, jadi sekarang untuk mengakses ilmu pengetahuan tentang bercocok tanam lebih mudah.

Nah, kalau kalian sudah mahir tapi kalian belum memiliki lahan, kalian bisa bekerja sama dengan orang lain dengan sistem bagi hasil. Banyak loh yang udah sukses dari pertanian.

5. Skill Marketing

Photo from pexels

Beberapa dari kalian mungkin ada yang menghindari posisi marketing di suatu perusahaan karena merasa tidak pandai melobi orang/customer? Betul?

Skill ini bisa dibilang skill dasar lho. Kemampuan marketing atau pemasaran bisa sangat berguna bagi kalian saat bergabung di suatu perusahaan maupun saat kalian akan membangun suatu perusahaan.Kalau skill kamu sudah terasah, kamu akan lebih mudah mempromosikan produkmu ke khalayak ramai. Ilmu marketing adalah ilmu dinamis, jadi ilmu ini akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.
Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kamu punya peluang yang sangat besar untuk mengasah keterampilan tanpa harus merasa tertinggal dari orang lain. Kamu bisa mengikuti pelatihan-pelatihan, atau seminar-seminar marketing. Nantinya kalau kamu sudah jago, kamu bisa jualan apa aja baik offline maupun online. Jadi, jangan ragu-ragu untuk terus mengasah skill ini ya.

Sekian semoga kamu beruntung.

Selama orang itu masih terus belajar selama itu juga peluang-peluang akan terus terbuka.

0 Response to "5 Skill ini Selalu Dibutuhkan Dimanapun dan Kapanpun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel