12 Tips Membangun Kepercayaan Diri Dalam Menulis Artikel

Halo sahabat inspirasi, bingung ya mau memulai menulis dari mana? Sebenernya hal itu biasa dirasakan oleh sebagian besar penulis pemula kok. Jadi bukan kamu doang. Bahkan sebagian penulis profesional pun kadang-kadang suka buntu dan kebingungan saat memulai menulis.

Oke nggak usah panjang lebar, kali ini terinspirasi ingin memberikan tips dan trik supaya kamu bisa menulis dengan lancar dan nggak buntu lagi mencari dan meluapkan ide-ide brilian kamu.

1. Jangan menjadi Editor saat sedang menulis


Kebanyakan penulis pemula ingin tulisannya langsung terlihat sempurna. Tau nggak sih, hal itu sebenernya menjadi penghambat terbesar seorang penulis?.
Kamu nggak perlu merangkap menjadi seorang Editor saat sedang menulis. Karena memperbaiki tulisan merupakan tahap akhir bagi seorang penulis. Yang perlu kamu lakukan adalah menuangkan semua ide dan gaasan kamu sebelum semua itu hilang dari kepala kamu. Kalau kamu terlalu memaksakan diri menulis sambil mengedit maka ide-ide kamu bisa hilang dan waktu kamu menjadi lebih lama untuk merampungkan tulisan.

2. Tulisan kamu belum sempurna jadi nggak perlu dibaca.


Ini yang sering penulis awam lakukan, kalau kamu sering membaca tulisan dari awal saat menulis maka hindari deh kebiasaan itu. Tau ngga sih, hal itu sebenernya sangat menghambat tulisan kamu, karena bisa jadi ide yang sudah ada di kepala kamu hilang karena sibuk membaca tulisan kamu yang masih acak-acakan. Itu juga bisa menurukan kepercayaan diri kamu saat menulis.

Jadi, usahakan untuk tidak membaca tulisan kamu selagi kamu sedang menulis. Biarkan saja tulisan kamu mengalir apa adanya. Baru nanti setelah selesai menulis dan semua ide kamu udah keluar, kamu edit lagi tulisan kamu agar lebih sempurna.

3. Menulislah seolah-olah kamu ngobrol


Menulis itu sebenarnya seperti mengobrol loh. Saat menulis, kamu itu sedang menuangkan obrolan didalam sebuah tulisan. Jadi kenapa kalau sedang ngobrol lancar tapi ketika menulis jadi susah? itu karena kamu belum menganggap tulisan kamu sebagai obrolan. Segera ubah mindset kamu soal menulis, jadikan tulisan itu sebagai seni mengobrol kamu.

4. Baca buku untuk referensi


Membaca buku merupakan cara agar kamu memiliki gagasan yang banyak dan terarah. Tau nggak, semakin banyak kamu membaca, maka alam bawah sadar kamu akan merekam segala gagasan dalam buku tersebut dan otak kamu akan membantu mengeluarkan ide itu disaat kamu membutuhkannya. Dengan banyak membaca, secara tidak langsung kamu sedang memperbanyak perbendaharaan kosa kata kamu. Jadi perbanyaklah referensi dengan banyak membaca. Ingat yaa, membaca loh bukan menghafal. Kamu nggak perlu menhafal tulisan orang lain. Yang kamu perlu lakukan hanya membaca supaya bawah sadar kamu merekam setiap gagasan yang ada dalam setiap buku.

5. Tenang dan rileks saat menulis


Saat memulai menulis ketenangan itu sangat lah penting bahkan bisa menjadi tahapan awal sebelum kamu menulis. Kamu bisa meditasi, dzikir, rebahan, tidur atau jalan-jalan untuk merileksasikan pikiran kamu. Saat pikiran kamu tenang maka otak akan lebih terfokus dan mudah mengeluarkan gagasan penting di kepala kamu.
Saat menulis, usahakan kamu harus selalu dalam kondisi fokus agar semua ide dan gagasan itu muncul seperti air mengalir. 

6. Istirahat yang cukup

Istirahat itu hal yang sangat penting selain untuk otak juga badan kita. Kalau badan kita lelah maka otak akan kekurangan nutrisi dari tubuh. Otak itu membutuhkan setidaknya 20 % nutrisi dari dalam tubuh. Jadi kalau tubuh kita lelah itu artinya otak kita sedang kekurangan nutrisi. So, kamu nggak perlu memaksakan menulis kalau situasi badan kamu sedang kurang fit. Cari hiburan lain saja.

7. Senangi menulis

Sebagian besar halangan seorang dalam memulai sebuah tulisan adalah karena dia terpaksa menulis, atau dikejar deadline. Jangan begitu!. Menulis itu sama seperti bernyanyi, kamu harus senang agar mudah bagi kamu untuk merutinkan menulis. Tau nggak, sebenernya menurut beberapa penelitian seseorang itu bisa menjadi profesional kalau dia mengulang-ngulang kebiasaan sampai 5 tahun?
Lama banget? engga kok, kalau kamu seneng menulis, 5 tahun itu sebentar kok.

8. Jangan terlalu menjadi kritikus untuk diri sendiri

Kamu sering mengkritik tulisan kamu sendiri? kok tulisan aku jelek banget ya, kok begini ya, kok begitu ya. Stop deh mulai dari sekarang. Kamu nggak perlu mengkritik tulisan kamu sendiri. Itu nanti bisa menjadi mental blok buat diri kamu sendiri. PD aja dengan tulisan kamu, karena seiring berjalannya waktu, tulisan kamu jadi bagus kok.

9. Nggak perlu bandingin tulisan kamu dengan penulis lain.

Ini nih yang jadi kebiasasan penulis pemula. Suka banget ngebanding-bandingin tulisannya dengan tulisan penulis lain. Padahal itu bisa nurunin tingkat percaya diri kamu loh. Tau nggak? Bisa jadi mereka sudah memulai menulis sejak lama sehingga mereka sudah terbiasa menulis. Kamu juga bisa kok menjadi seperti mereka syaratnya yaa kamu harus sering-sering menulis.

10. Nggak usah pikirin EYD

Kamu nggak perlu pusing dengan EYD. Pusing dengan EYD itu bisa menghambat tulisan kamu. Nih kalau kamu mau tau, tulisan blog ini juga banyak yang belum sesuai EYD kok. Jadi stop pusingin soal EYD.! kamu lagi nggak belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar kok. Kalaupun kamu mau benerin, kamu bisa bertanya nanti ke orang yang lebih jago soal begituan.

11. Jangan terpaku dengan Urutan

Kamu nggak boleh terpaku dengan urutan ya, soalnya ide-ide di kepala kamu itu kadang-kadang random. Kamu nggak harus menulis tulisan kamu dari daftar isi, pendahuluan, kata pengantar. Cepat-cepat tuang ide kamu dalam sebuah tulisan selagi ide itu masih ada di kepala kamu. Jangan di tunda-tunda.

12. Nggak usah peduli nyinyiran netizen cabe-cabean

Kritik dan saran itu memang penting, tapi nyinyiran dari netizen itu nggak perlu kamu tanggepin. Kamu hanya perlu menyaring kritik mana yang membangun dan kritik mana yang menjatuhkan. Ambil sebagai motivasi dan pembelajaran kamu untuk memperbaiki tulisan kamu.

Oke cukup sekian ya semoga kamu terinspirasi.

0 Response to "12 Tips Membangun Kepercayaan Diri Dalam Menulis Artikel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel