Xie Yanhong, Manusia Cacat Penakluk Selat Inggris

9:03 PM

Terinspirasi.com- Menjadi orang yang terkenal adalah impian semua orang. Melakukan sesuatu yang membuat orang mendapat Inspirasi adalah keinginan setiap orang. Mendapat penghargaan dan dicatat sebagai rekor, baik rekor nasional maupun dunia, adalah sebuah sebuah kebanggaan tersendiri.

Namun tidak semua orang memiliki kesempatan dan mampu meraihnya dengan gemilang. Hanya orang-orang special dengan tekad yang bulat, semangat pantang menyerah dan memiliki keyakinan pada kemampuan diri sendiri yang mampu melakukannya. 

Berikut ini Terinspirasi.com menceritakan sedikit kisah seorang cacat yang menjadi penakluk Selat Inggris, semoga Sobat Terinspirasi.com mendapat Motivasi dan Inspirasi dari kisah ini.

Xie Yanhong
Pastinya kebanyakan orang akan tercengang dan salut bercampur kagum bila melihat orang seperti Xie Yanhong, seorang yang tidak memiliki kaki secara normal sehingga ia tidak dapat berdiri, apalagi berjalan. Ia juga tidak memiliki tangan seperti orang normal lainnya sehingga ia tidak bisa memegang sesuatu. Tapi ia mampu memecahkan rekor dunia.

Dilahirkan dengan kondisi yang tanpa tangan dan kaki, sehingga tidak dapat berdiri dan memegang sesuatu. Ia lahir pada tahun 1968 di Kota Dalian, sebuah kota pantai di Tiongkok Timur. Ia tumbuh dan berkembang dengan penuh kasih saying dari orang tuanya.

Cacat fisik yang dimilikinya tidak membuat Xie Yanhong minder untuk belajar mencari ilmu. Ia masuk SD, SMP dan SMA seperti anak-anak normal lainnya. Ini menunjukkan bahwa Xie Yanhong tidak mau kalah  dengan orang lain yang normal. Ia bukan saja dapat mengurus dirinya sendiri, namun semua tugasnya di sekolah dapat diselesaikan dengan baik berkat bantuan keluarga dan teman-teman sekolahnya.

Dengan alasan karea biaya, selepas SMA ia tidak mampu melanjutkan pendidikannya ke level yang lebih tinggi. Ia memang dari keluarga yang sederhana dan orang tuanya juga telah lanjut usia. Untuk bisa melanjutkan roda ekonomi keluarga, Xie Yanhong membuka sebuah kedai kecil dikampung halamannya.

Pada tahun 1990, ketika usianya menginjak 22 tahun, Xie Yanhong untuk pertama kali berkenalan dengan laut dan berenang didalamnya. Ia merasa sangat tenteram dan bebas ketika itu. Mulai saat itu, ia jadi sering ke laut dan terus menikmati berenang selama hampir 10 tahun.


Namun, lambat laun ia merasa  bahwa kekurangan fisiknya membatasinya untuk menekuni hobinya ini. Ia merasa hanya tangannya saja yang bergerak, smentara kakinya tidak punya peran, sehingga gaya dan kecepatannya sangat terbatas.

Xie Yanhong akhirnya berusaha mencari seorang pelatih renang, ia akhirnya bertemu dengan Ge Jie dan akhirnya ia menjadi murid dari Ge Jie. Dengan bantuan dan inspirasi dari pelatihnya, Xie Yanhong mampu berenang dengan baik. Dimulai dari 20 meter sampai dengan 5000 meter duam bulan kemudian. Ia menunjukkan kemampuannya yang terpendam dalam dunia renang.

Sebagai penyadang disabilitas, Xie Yanhong berusaha melipat gandakan kemampuan berenangnya untuk menyamai bahkan melebihi kemampuan orang normal.  Sang pelatih pun berusaha dengan sungguh-sungguh dalam melatih Xie Yanhong. Dalam benaknya sudah tertanam sebuah rencana  latihan khusus dengan mempertimbangkan kondisi Xie Yanhong. 

Akibat latihan yang intensif yang diberikan oleh pelatihnya dan ditambah tekad dari dirinya sendiri, akhirnya Xie Yanhong mampu berenang dengan kecepatan 2 kilometer per jam, ia tidak kalah dengan kecepatan orang normal.

Seiring dengan terus meningkatnya kemampuan renangnya, Xie Yanhong mulai ingin membuktikan kemampuannya dengan mengikuti kompetisi renang. Namun, pada tahun 2002, sebuah kompetisi renang untuk menyeberangi selat di Selat Qiangzhou, Tiongkok menolaknya untuk menjadi peserta dengan alasan cacat tubuh yang dimilikinya. 

Pada tanggal 4 Juni 2002, Xie Yanhong yang memendam hasrat akhirnya berhasil menyeberangi Selat Qiangzhou. Berkat latihan yang intensif, ia mampu memecahkan rekor walau sebelumnya diabaikan, dipandang sebelah mata oleh panitia penyelenggara kompetisi tersebut. 

Pada bulan Agustus 2003, ia berhasil menyeberangi Selat Qiangzhou dan tercatat sebagai orang cacat pertama yang mampu melakukannya. Akhirnya, prestasinya itu membuat XieYanhong tercatat di Guiness Book Of Record.

Setelah sukses tersebut, XieYanhong menjadikan Selat Inggris menjadi target penaklukan selanjutnya. Ia berkata :”Selat Inggris adalah sasaran yang sangat didambakan penggemar renang jarak jauh, karena menyeberangi Selat Inggris mengandung nilai tantangan. Sebagai seorang penyandang cacat, saya menyeberangi Selat Inggris hanya berkeinginan untuk menginspirasi lebih banyak orang dan memperagakan semangat orang cacat yang conta kehidupan dan cinta jiwa.”

Berkat bantuan dari banyak pihak di Tiongkok, akhirnya Xie Yanhong mendapat kesempatan untuk menyeberangi Selat Inggris. Ia menjadi meningkatkan porsi latihannya dengan berenang setiap hari sejauh 10 ribu meter dan di air yang dingin.

Akhirnya, Xie Yanhong berhasil berenang menaklukkan Selat Inggris, ia harus berenang selama 16 jam 44 menit untuk menjadi orang cacat pertama didunia yang tercatat sebagai pemecah rekor dunia menyeberangi Selat Inggris.

Sejak tahun 1875, tercatat sudah 6000 orang perenang yang mencoba menakklukkan Selat Inggris. Namun hanya sekitar 800 orang saja yang berhasil. Semua mereka adalah orang dengan fisik normal, baru pada 24 Agustus 2003 lah Xie Yanhong yang bertutuh cacat menjadi yang pertama menyeberangi Selat Inggris.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Xie Yanhong menyatakan kegembiraannya atas keberhasilannya yang diraihnya yang tidak semua orang bisa melakukannya bahkan oleh orang normal sekalipun.

Walau telah menaklukkan Selat Qiangzhou dan Selat Inggris, ia masih memendam hasrat untuk menyeberangi beberapa selat lagi, seperti selat  tidak ingin berhenti sampai disitu, ia ingin terus menaklukkan beberapa selat lainnya.

Kisah keberhasilan Xie Yanhong memberikan Inspirasi dan Motivasi kepada siapa saja yang ingin meraih impian, kekurangan fisik ternyata tidak bisa menjadi penghalang kepada seseorang untuk menciptakan prestasi yang membanggakan. [ ]

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments