Tujuh Kasus Pembunuhan Presiden Yang Paling Menghebohkan

8:23 PM
 
Ilustrasi Sniper [Foto : Flickr]
Terinspirasi.com- Menjadi pemimpin suatu negara bukanlah pekerjaan mudah. Jika selama ini terlihat bahwa menjadi presiden itu enak, kemana-mana dengan pengawalan pasukan khusus. Namun tidak selamanya nampak seperti yang kita lihat. 

Disatu sisi, menjadi presiden menjadi teman banyak orang, namun  disisi yang lain menjadi musuh banyak orang pula. Akhirnya insiden mengerikan seperti penyerangan dan pembunuhan sering terjadi.

Dalam sejarah perpolitikan dunia, terjadi beberapa kali pembunuhan terhadap Presiden. Berikut Terinspirasi.com menampilkan tujuh pembunuhan Presiden yang paling menghebohkan :

1. John. F. Kennedy
Presiden Amerika Serikat yang ke-35, John F. Kennedy harus mengalami kematian yang tragis. Saat sedang berada dalam limousine kepresidenan, ia ditembak oleh seorang sniper atau penembak jitu pada tahun 1963.

Hasil penyelidikan menyimpulkan bahwa Lee Harvey Oswald adalah pembunuhnya. Namun sebagian orang Amerika tidak begitu percaya dengan hasil penyelidikan tersebut., karena bisa jadi ada motif lain yang diduga berhubungan dengan pemilu dadakan pada tahun 1966.

Pembunuhan John. F. Kennedy menjadi misteri yang sulit diungkap. Ada dugaan ia dibunuh karena menolak rencana lembaga rahasia di Amerika. Sebagai presiden, John F. Kennedy dipandang terlalu humanis dan lebih memperhatikan kepentingan rakyat dari pada kepentingan penguasa. Akhirnya kematian Kennedy lah yang dianggap dapat membuat masalah menjadi tidak semakin rumit.

2. Abraham Lincoln
Abraham Lincoln
Abraham Lincoln dibunuh saat menonton pertunjukan Our American Cousin di Ford's Theatre bersama dengan isterinya, Mary Todd Lincoln. D isaat menonton pertunjukan, sebuah tembakan menghujam tubuh Lincoln dan langsung membuat tubuhnya rubuh ditempat.

Setelah dievakuasi, Lincoln mendapat perawatan terbaik. Namun, tembakan yang mengenai bagian tubuhnya yang vital membuat nyawanya tidak tertolong lagi.

Kasus pembunuhan Lincoln adalah kasus pembunuhan pertama yang sukses di Amerika. Pada tahun 1835, Andrew Jackson nyaris tewas akibat percobaan pembunuhan.

3. Muammar Al Khaddafi
Muammar Khaddafi menjadi penguasa di Libya dari tahun 1969 sampai dengan 2011. Ia Tewas akibat dibunuh oleh pasukan yang anti pemerintahannya.Sebelum dibunuh, Khaddafi mengungsi bersama keluarga akibat terus terdesak oleh serangan Tentaa Pembebasan Libya bentukan Dewan Transisi Libya (NTC).

Perang sipil di Libya benar-benar terjadi sangat mengerikan dan merupakan konflik terparah yang pernah terjadi di negeri tersebut. NATO ikut campur dalam perburusan Khaddafi hingga akhirnya ia ditemukan tewas.

4. Soekarno
Soekarno
Meski tidak menyebabkan presiden pertama Indonesia meninggal dunia, setidaknya usaha untuk membunuh Soekarno telah membuat heboh negeri ini. Sebanyak tujuh kasus percobaan pembunuhan terhadap Soekarno  pernah terjadi dan nyaris membuat nyawanya melayang. Menurut Megawati, percobaan pembunuhan terhadap Soekarno pernah terjadi sebanyak 23 kali.

Percobaan yang paling mengerikan terjadi ketika Soekarno berkunjung ke Sulawesi pada tahun 1960-an. Saat Soekarno keluar dari Bandara Mandai, sebuah peluru mortir diluncurkan oleh anak buah Kahar Muzakkar. Beruntunglah, tembakan tersebut meleset dan Soekarno selamat.

Pada hari raya Idul Adha tahun 1962, Soekarno pernah dtembak oleh jemaah di Mesjid Baiturrahim. Untungnya tembekan  tersebut meleset dan menyerempet Zainul Arifin, Ketua DPR pada waktu itu.

5. Anwar Sadat
Anwar sadat adalah presiden Mesir yang tewas dibunuh oleh kelompok Jihad Islam di Mesir. Anwar Sadat tewas  diberondong oleh empat orang yang bersenjata lengkap ketika sedang menyaksikan parade militer untuk memperingati Perang Yom Kippur.

Dalam kasus pembunuhan ini, Sadat tewas bersama dengan 20 orang lainnya, termasuk 4 orang diplomat Amerika Serikat. Pembunuhan Anwar Sadat merupakan tragedi yang paling mengerikan di Mesir dan menjadi awal mula berkuasanya Hosni Mubarak di Mesir selama 30 tahun.

6. Fidel Castro
Mungkin Fidel Castro adalah pemimpin sebuah negara yang paling banyak mengalami percobaan pembunuhan. Berdasarkan laporan dari pihak intelijen Kuba, setidaknya Castro nyaris terbunuh sebanyak 638 kali dan semuanya gagal. Fidel Castro selalu selamat dari setiap kejadian yang mengerikan seperti rokok yang diberi racun hingga ledakan-ledakan yang disiapkan untuk membunuhnya.

Dari 638 percobaan pembunuhan ini, hampir semuanya dilakukan oleh Amerika melalui CIA. Castro dianggap sebagai pemimpin negara yang menentang Amerika sehingga CIA menyusun rencana untuk membunuh Castro dengan berbagai cara.

7. Ranasinghe Primadasa
Ranasinghe Primadasa adalah presiden Sri Lanka yang memangku jabatan mulai 1989 hingga 1993. Ia dibunuh ketika mengikuti acara May Day di kota oleh anggota Pemberontak Macan Tamil Elam (LTTE) dengan melancarkan bom bunuh diri dan melukai banyak orang di sekitar Ranasinghe.

Tiga minggu setelah kematian Ranasinghe, Menteri pendidikan dan juga keamanan nasional yang dijabat oleh Lalith Athulathmudali tewas dibunuh. Kejadian ini membuat situasi di Sri Lanka memanas hingga banyak terjadi kekacauan.

Inilah tujuh kasus pembunuhan presiden yang paling menghebohkan dunia . Dari sini kita bisa menyimpulkan jika menjadi presiden bukanlah hal mudah. Jika banyak yang senang, maka itu bukan suatu masalah. Namun, jika banyak musuh yang membenci, maka terjadilah seperti ini. [ ]

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments