Stevie Wonder

9:22 PM
Terinspirasi.com- Walaupun terlahir sebagai tunanetra, namun kiprahnya sangat gemilang didunia musik. Beberapa albumnya sukses dan diterima penikmat musik dunia.  Terinspirasi.com akan bercerita tentang musisi yang satu ini, semoga Kisah Inspiratif ini dapat memberi Motivasi dan Inspirasi bagi kita semua untuk selalu berusaha meraih kesuksesan walaupun dalam segala keterbatasan.

Sejak bayi Stevie Wonder lahir dalam keadaan buta. Namun karirnya sebagai seorang penyanyi cukup gemilang, selain itu, ia juga seorang penulis lagu dan juga aktivis kemanusiaan. 

Sebagai seorang musisi jazz, ia sudah berkeliling keberbagai belahan dunia, dari mulai Eropa, Asia hingga Australia.  Musiknya yang  enak didengar membuat ia mampu menghipnotis pendengar setianya.
Stevie Wonder
Selama berkarir dimusik, berbagai penghargaan telah diraih untuk lagu yang dinyanyikan dan ia ciptakan.
Bukan hanya kiprah di bidang musik, Stevie Wonder sebagai panggilan akrabnya juga berkiprah dalam bidang kemanusiaan. Ia bersama sama dengan Presiden Barak Obama memperjuangkan hak-hak sipil. Sehingga kiprahnya dalam perpolitikan nasional Amerika sangat diperhitungkan.

Dilahirkan dengan nama asli Stevland Hardaway Judkins , namun kemudian dirubah menjadi Stevland Hardaway Morris. Ia dilahirkan di Saginaw, Michigan pada tahun 1950. Ia memiliki nama asli Stevland Hardaway Judkins,Stevie Wonder merupakan anak ketiga dari enam bersaudara dari pasangan Calvin Judkins dan Lula Mae Hardaway.
Karena keberadaannya lahir prematur, pembuluh darah di belakang matanya tersumbat sehingga darah tidak sampai ke depan dan pertumbuhan retinanya menjadi gagal atau tidak tumbuh dan berjalan dengan baik. Istilah medis untuk kondisi ini adalah lahir premature retinopatik (retinopathy of prematurity/ROP), dan kemungkinan lagi telah diperparah atau diperburuk oleh oksigen incubator dipompanya, walaupun bukan penyebab utama kebutaan tersebut.

Ketika Stevie Wonder berusia empat tahun, ibunya meninggal dunia,setelah itu . Sejak kecil, Wonder mahir memainkan beberapa instrument music seperti piano, harmonica, drum dan bass. Selama masa kanak-kanak ia aktif dalam paduan suara gereja.

Stevie Wonder menandatangi kontrak pertama kali pada usia 11 tahun, labelnya pada waktu itu adalah Motown Record Tamla. Pada tahun 1962, ia merilis dua album dengan judul Soul oh Little Stevie dan Tribute to Uncle Roy. Kedua album tersebut kurang laris di pasaran.

Kariernya sebagai penyanyi terus melejit, ia merilis beberapa album yang ternyata diterima oleh pasar Amerika dan Dunia. Beberapa karya Wonder yang paling terkenal termasuk singlenya, antara lain,    I Wish, Superstition dan I Just Called To Say I love You.  Albumnya yang lumayan ngehits antara lain adalah Talking Book, Innervisions dan lagu-lagu dalam kunci kehidupan. Wonder telah mengeluarkan 30 Album dan single yang popular di Amerika dan menerima 22 Grammy Award. Ia merupakan penyanyi solo pria terbanyak yang menerima penghargaan tersebut.


Disamping sebagai penyanyi, Wonder  juga terkena karena pekerjaannya sebagai aktivis untuk menyebabkan politik, termasuk kampanye tahun 1980 untuk menjadikan hari kelahiran Martin Luther King sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat.

Pada tahun 2009, Wonder diangkat Perserikatan Bangsa -Bangsa menjadi duta Perdamaian. Pada tahun 2008, majalah Billboard merilis daftar 100 Artis Terbaik sepanjang masa, dalam rangka merayaka ulang tahun US Single Chart yang kelimapuluh. Sedangkan Wonder terdaftar sebagai peringkat lima dalam 100 Artis terbaik sepanjang masa.

Wonder tampil pada hari terakhir Konvensi  Nasional Partai Demokrat 2008, di Denver. Colorado. Dimana pada masa itu Barak Obama memenangkan pencalonannya sebagai calon Presiden Amerika Serikat dari Partai  Demokrat.

Pada tanggal 23 Februari 2009, Wonder menjadi penerima kedua Library of Congress’s Gershwin Prize untuk musik pop, mendapat kehormatan diterima oleh Presiden Barack Obama di Gedung Putih. Pada tanggal 6 Maret 2010, Wonder dianugerahi sebagai Panglima Seni  dan Sastra oleh Menteri Kebudayaan Perancis, Frederic Mitterand.

Disamping sebagai penyanyi. Wonder juga merupakan aktivis hak-hak sipil dan dapat dukungan dari Barack Obama, Obama bahkan menganggap Wonder sebagai pahlawannya dibidang musik.

Demikian sedikit perjalanan karir Stevie Wonder, semoga dapat memberi Inspirasi dan Motivasi bagi kita semua. [ ]

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments