Stephen William Hawking

11:21 AM
Terinpirasi.com- Bila melihat kondisinya, orang tidak akan percaya jika dia adalah seorang ilmuan. Ilmu yang digelutinya bisa dibilang sangat rumit dan sulit, namun dengan kemauan dan semangat yang dimilikinya, ia berhasil  menjadi ilmuan yang menjadi inspirasi dan motivasi bagi banyak orang. Teori- teori yang ia keluarkan membuat banyak orang mengaguminya. Dia adalah Stephen William Hawking, seorang fisikawan asal Inggris.

Terlahir sebagai anak normal di Oxford, Inggris pada 8 Januari 1942, ia selalu mengikuti orang tuanya berpindah-pindah dari satu kota ke kota hang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencari tempat yang aman, karena pada saat itu Perang Dunia II sedang berkecamuk dengan hebat. Setelah perang usai, ia dan keluarganya menetap di London.

Sama seperti anak-anak normal lainnya, dibidang pendidikan, ia memulai pendidikan dari sekolah dasar, SMP, SMA sampai dunia perkuliahan. Stephen sangat tertarik dengan ilmu pengetahuan. Di sekolah, dia termasuk yang cerdas. Ia juga sangat suka menunggang kuda untuk sekedar refreshing dan mencari inspirasi.
Stephen Hawking
Stephen Hawking
Stephen mengambil jurusan ilimu alam ketika ia berkuliah di University College Oxford. Sebenarnya ia awalnya ingin kuliah dibidang matematika, terinspirasi dari guru matematikanya di SMA, Dikran Tahta. Namun, ayahnya tidak menginginkan Stephen jauh darinya dan ingin Stephen kuliah ditempat dimana dia bekerja.

Sayangnya ditempat tersebut, tidak ada jutusan matematika, sehingga ia trpaksa mengambil jurusan ilmu- ilmu alam, bidang yang Stephen dalami adalah bidang termodinamika, relativitas dan mekanika kuantum.

Sebagai anak cerdas, ia mampu mengetahui suatu hal yang dapat ia lakukan tanpa harus melihat cara melakukannya dari orang lain. Pada waktu ujian akhir juga, jika ujian Stephen selalu diberi ujian lisan oleh dosen mata kuliah tersebut. Semua dosen di unversitas tersebut mengakui kecerdasan Stephen Hawking.

Pada tahun 1962, ia menerima gelar BA dari Oxford. Ia memutuskan untuk tetap tinggal di Oxford untuk belajar astronomi. namun karena lebih tertarik dengan teori dari pada observasi, ia meninggal Oxford dan pindah ke Cambridge untuk mendalami bidang astronomi teoritis dan kosmologi.

 Ketika di Cambridge, ia mulai merasa gejala penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Di Amerika, istilah ini dikenal dengan penyakit Lou Gehrug, suatu jenis penyakit motor neuron yang akan mengorbankan hampir semua kontrol neuromukular. Hawking mengidap neuro-distrofi otot yang berhubungan dengan penyakit amyotrophic lateral sclerosis, suatu kondisi dimana penyakit tersebut trus berkembang dalam dirinya selama bertahun-tahun dan membuatnya hampir lumpuh total.

Pada tahun 1974, Hawking terpilih sebagai salah satu Fellows termuda dari Royal Society. Pada tahun 1989, ia menjadi Companion Of Honour, Hawking adalah anggota Dewan Sponsor  dari Buletin Ilmuan Atom.

Meskipun kadar kelumpuhannya semakin meningkat, prestasi Hawking terus menanjak dan tidak pernah berhenti untuk  berkarya. Pada tahun 1974, ia tidak mampu keluar dari tempat tidur sendiri bahkan untuk makan sendiri juga tidak bisa. Pidatonya juga menjadi ngelantur sehingga hanya dapat dipahami oleh orang-orang tertentu saja.

Pada tahun 1985, Stephen Hawking mengidap pneumonia dan harus menggunakan trachetomy, yang membuatnya sama sekali tidak bisa bicara. Ia dibuatkan sebuah perangkat yang memungkinkannya untuk menulis pada komputer dengan gerakan tubuhnya yang terbatas dan kemudian memiliki synthesizer suara berbicara apa yang ia ketik.

Dari beberapa penelitiannya, ia menghasilkan beberapa buku dan ini membuatnya sering tampil di depan publik. Penampilannya ini membuatnya menjadi selebritis akademis dan membuatnya mendapat Honorary  Fellow dari Royal Society of Arts. Anggota  seumur hidup dari Pontifical Academy  of Sciences. Pada tahun 2009, Hawking mendapat perhargaan paling tinggi bagi masyarakat Amerika, ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom.

Hawking pensiun dari Universitas Cambridge pada 1 Oktober 2009 setelah selama 30 tahun mengabdi di sana sebagai Professor Matematika. Ia juga seorang Fellow dari Gonville dan Caius College serta Distinguished Ketua penelitian di Institut untuk Teori Fisika Perimeter di WAaterloo, Ontorio, Kanada. Hawking dianggap berjasa karena dikenal kontribusinya dalam bidang kosmologi dan gravitasi kuantum.

Karya ilmiahnya yang dipakai sampai sekarang antara lain teori tentang singuliritas gravitasi dalam rangka relativitas umum dan prediksi teoretis bahwa lubang hitam harus memancar radiasi. Teori ini dikenal sebagai Radiasi Hawking (kadang disebut juga Bekenstein-Radiasi Hawking).

Untuk mengenang jasa-jasanya terhadap teori dan penemuan-penemuan yang dapat memberi konstribusi kepada ilmu pengetahuan, ia diabadikan oleh seniman patung terkenal ( Ian Walters ) di universitas Cambridge dalam bentuk patung. Atas jasanya dibidang ilmu pengetahuan terutama dibidang matematika, Institut Afrika juga membangun patung untuk menghormatinya. El Savador membangun sebuah meseum dengan nama Museum Ilmu Stephen W. Hawking di San Salvador.

Pengabdiannya dalam bidang ilmu pengetahuan dan akedemik membuatnya memperoleh beberapa penghargaan, berikut beberapa penghargaan tersebut :
  • Eddington Medal pada tahun 1975
  • Hughes Medal dari Royal Society pada tahun 1976
  • Medali Albert Einstein pada tahun 1979
  • Franklin Medali pada tahun 1981
  • Orde Kerajaan Inggris (Komandan) pada tahun 1982
  • Medali Emas Royal Astronomical Society pada tahun 1985
  • Anggota Akademi Ilmu Pengetahun Kepausan  pada tahun 1986
  • Penghargaan Wolf dalam bidang Fisika di tahun 1988
  • Pangeran Asturias di Concord pada tahun 1989
  • Companion Kehormatan pada tahun 1989
  • Julius Edgar Lilienfield pada tahun 1999
  • Michelson Morley dari Universitas Case Western Reserve pada tahun 2003
  • Copley Medal dari Royal Society pada tahun 2006
  • Presidential Medal of Freedom dan Kehormatan sipil tertinggi di Amerika Serikat di tahun 2009
Begitulah prestasi yang dicapai oleh seorang Stephen Hawking, seorang ilmuan yang lumpuh namun menghasilkan penemuan-penemuan ilmiah yang sangat berharga bagi ilmu pengetahuan, semoga sejarah hidupnya dapat memberi Inspirasi dan Motivasi bagi kita semua. [ ]

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments