Mengapa Harus Berpikir Positif

10:39 PM
Terinspirasi.com- Berpikir positif merupakan salah satu cara menuju kesuksesan, dengan berpikir positif, kita seolah telah merintis jalan menuju keberhasilan. Sobat Terinspirasi.com, berikut kami sajikan sedikit tulisan tentang berpikir positif, semoga dapat memberi Inspirasi dan Motivasi.

Pengertian Berpikir Positif

Secara praktis, berpikir positif dapat diartikan setiap pemikiran, ide, sikap dan perbuatan yang mampu mengarahkan dan mendekatkan diri ke fitrah kemanusiaan yang suci. Melangkah lebih dekat menuju realitas tertinggi (Allah SWT) dengan amalan-amalan yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
Mengapa Kita Harus Berpikir Positif

Dengan berpikir positif, secara tidak langsung telah mengeliminir potensi kejahatan dalam jiwa manusia. Hal ini berkenaan dengan kinerja otak, seperti yang diungkapkan oleh Dr. Ibrahim Elfiky, otak manusia tidak bisa digunakan untuk mememikirkan dua hal sekaligus disaat yang sama. Jika kita memikirkan hal-hal yang positif, maka dengan sendirinya hal-hal yang negative akan jauh dari pikiran kita.

Seirama dengan hal diatas, Allah SWT pun jauh sebelumnya telah memberitahu kepada manusia bahwa Dia tidak pernah pernah membuat dua ruang dalam satu hati. Artinya, seperti kinerja otak, kinerja hatipun tidak jauh berbeda. Mana yang paling dominan diantara dua hal yang ada, maka itulah yang akan menempati relung hati dan otak kita.
Dalam Islam, dikenal istilah Takziyatun Nafsi (penyucian diri). Langkah ini dilakukan sebagai titik tolak seseorang menuju hidup yang positif. Semua hal yang bersifat negative dibuang terlebih dahulu dan menggantinya dengan hal yang bersifat positif. Sesungguhnya kebenaran tidak akan pernah bercampur dengan kejahatan. Allah telah berfirman dalam QS. Al-Isra : 81 yang artinya :

Telah datang kebenaran dan sirna kebathilan. Sesungguhnya kebathilan benar-benar hancur”.

Rasulullah SAW menganjurkan agar manakala kita melakukan keburukan, agar segera menggantinya dengan amal kebaikan dan beristiqamahlah dengan kebaikan tersebut. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
Dan ikutilah keburukan dengan kabaikan, mudah-mudahan yang baik itu akan menghapusnya. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” (H.R. Turmuzi)

Pentingnya Berpikir Positif

Sebagai pondasi utama dalam gerak kehidupan menuju garis-garis yang telah tentukan oleh Allah SWT, pikiran harus dibersihkan dari sekeceil apapun virus negatif. Dan disaat yang sama, kita terus meningkatkan potensi serapan akal dengan memikirkan hal-hal yang positif. Dengan berpikir positif, kita akan mencapai kesuksesan dunia akhirat.

Hal penting lain dari berpikir positif adalah semacam pembebasan. Berpikir positif merupakan bentuk lain dari cara kita untuk membebaskan diri dari belenggu pikiran negatif yang tentu sangat tidak baik dan tidak produktif. Orang dengan pikiran negatif tentu akan dijauhi semua orang.

Berpikir positif merupakan sebab dari berbagai capaian penting dalam kehidupan. Kemajuan peradaban dan teknologi dalam sejarah umat manusia dicapai oleh pikiran-pikiran positif orang-orang yang sabar memperjuangkannya.

Oleh karena itu, siapapun yang selalu berpikir positif, sesungguhnya ia merintis jalan menuju tingkatan kehidupan yang lebih baik secara rohani maupun materi.

Ciri-ciri Berpikir Positif

Diantara ciri-ciri atau tanda orang yang berpikir positif antara lain :

a. Berdaya Cipta

Memiliki daya cipta dan keberanian mewujudkan segala impian menjadi karya nyata merupakan cirri-ciri orang yang berpikir positif. Bagi mereka, tidak ada yang mustahil bilamana potensi otak dipacu dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

b.Percaya Diri

Percaya diri merupakan sikap positif seserang yang mampu mengembangkan penilaian positif, baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap lingkungan serta situasi yang dihadapinya. Percaya diri bukanlah mampu mengatasi segala hal, namun seseorang merasa ia punya kompetensi, yakin mampu dan percaya bahwa dia bisa melakukannya. Hal ini semata-mata karena didukung oleh pengalaman, potensi aktua, prestasi dan harapan yang realistis terhadap diri sendiri.

c. Ulet

Ulet secara umum dapat diartikan sebagai sikap pantang menyerah dalam mencapai tujuan. Gambaran umum tentang pribadi yang ulet sedikit lebih luas dari pada sabar. Ulet merupakan gabungan dari kesabaran, kecerdasan membaca dan memanfaatkan peluang serta keberanian dan instuisi yang tajam dalam mengambil keputusan.

d. Arcievement Oriented

Berorientasi pada pencapaian hasil memberikan dorongan untuk selaku fokus dalam pekerjaan dan tidak mudah menyerah mana kala kesulitan datang menerpa. Dengan semangat ini, segala potensi dikerahkan bersama dengan sumber kekuatan yang ada lainnya.

e. Know What To Do

Pikiran positif ibarat cahaya terang. Dengan cahaya terang tersebut, seseorang tidak akan tersesat. Karenanya, orang berpikir positif ibarat memiliki cahaya dalam pikiran mereka sehingga tidak pernah terpuruk dalam kesesatan fikir (fallacy) dan kekeliruan bertindak.

Dalam situasi yang serba rumit dan sulit sekalipun, orang yang berpikir positif bisa menemukan jalan keluar dan tahu persis apa yang harus dilakukan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang berpikir positif atau positive thinking, semoga dapat memberi Inspirasi dan Motivasi. [ ]

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments