Steve Jobs

10:41 AM


Terinspirasi.com- Bagi anda penggemar teknologi dan gadget, pasti tahu yang namanya produk-produk revolusioner dari Apple. Inc seperti iPod, iPhone, iPad, iWatch dan komputer Mac. Nah, tokoh dibalik kesuksesan produk-produk Apple tersebut tidak lain adalah tokoh kita kali ini.  Steve Jobs.

Dikenal sebagai sosok yang tegas dan visioner, Jobs sekarang berhasil menjadikan produk Apple menjadi produk yang branded, prestisius dan sudah ekslusif. Apple sekarang menjelma menjadi perusahaan teknologi terkaya didunia.

Berikut sedikit cerita tentang Steve Jobs yang mudah-mudahan dapat memberi inspirasi bagi sobat Terinspirasi.com yang dikutip dari berbagai sumber.

Masa Kecil dan Keluarga
Steve Job lahir di San Francisco, California, USA pada tanggal 24 Februari 1955 dari pasangan Abdulfattah Jandali (ayah) dan Joanne Simpson (ibu). Ayah Steve Jobs  merupakan keturunan dari Suriah, sedangkan ibunya asli Amerika.

Ketika kecil, Jobs yang bernama asli Abdul Latif Jandali  diadopsi oleh pasangan suami isteri dari California, Paul Reinhold Jobs dan Clara Hagopian Jobs. Jobs diadopsi karena Joane sang ibu hamil diluar nikah dan mereka tidak mau mengurus Jobs. Mereka kemudian mengganti nama Abdul Latief Jandali menjadi Steven Paul yang kemudian lebih beken dengan nama Steve Jobs. Jobs mempunyai satu orang wanita sebagai saudara biologisnya yang bernama Mona Simpson (seorang novelis).

Pendidikan
Pendidikan yang ditempuh Jobs adalah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California, Jobs terdaftar sabagai siswa dikelas elektronik dan situlah dia bekenalan dengan Steve Wozniack, teman yang sama minat dengannya.

Setelah lulus sekolah menengah atas pada tahun 1972, Jobs kemudian masuk ke Reed College di Portland, Oregon, namun Jobs hanya bertahan satu semester. Ia kemudian masuk ke Reed (kelas kaligrafi).

Pada tahun 1974, Jobs kembali ke California dan giat di pertemuan di Homebrew Computer Club bersama teman akrabnya Steve Wozniak. Jobs berkeinginan untuk berkunjung ke India, dia berusaha mengumpulkan uang dengan bekerja di Atari, perusahaan pembuat video.

Isteri dan Anak 
Steve Jobs menikah dengan Laurene Powell Jobs, mereka menikah pada tanggal 18 Maret 1981 di Ahwahnee Hotel di Taman Nasional Yosemite. Jobs meninggalkan 4 orang anak, 3 orang  (Eve, Erin dan Reed) dari hasil perkawinannya dengan Laurene. Dan 1 orang anak (isa Brennan-Jobs) dari hasil hubungannya dengan pacarnya masa SMA, Chris-Ann Brennan.

Mendirikan Apple
Pada tahun 1976, berdirilah Apple Computer co. Jobs mendirikan perusahaan tersebut bersama Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Komputer yang mereka buat pertaman kali adalah Apple I, lalu berlanjut dengan Apple II ditahun 1977 yang diterima sangat bagus dipasaran. Pada tahun 1980, Apple III diperkenalkan, namun sambutan pasar kurang bagus pada saat itu.

Pada tahun 1983, Jobs menunjuk Jhon Sculey untuk memimpin Apple. Pada tahun tersebut, Apple Lisa diperkenalkan, berbekal teknologi yang tergolong canggih pada saat itu, Apple Lisa juga gagal dipasaran.

Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh. Komputer kecil pertama dengan user interface ini dikembangkan oleh Jef Raskin yang kemudian diambil alih oleh Jobs, kepopuleran Mac bertahan sampai sekarang.

Ketidak serasian antara Jobs dan Jhon Sculey menyebabkan Job dikeluarkan dari Apple pada tahun 1985. Peristiwa ini terjadi ditengah menurunnya penjualan produk-produk Apple.

Mendirikan NeXT Computer
Setelah hengkang dari Apple, Jobs mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan software, NeXT Computer, namun sama nasibnya seperti Apple Lisa yang dikembangkannya di Apple. Produk yang tergolong canggih pada saat itu kurang mendapat repon positif dari pasar.

Mendirikan Pixar dan Bergabung dengan Disney
Steve Jobs membeli The Graphic Group yang kemudian dirubah namanya menjadi Pixar Animation Studio pada tahun 1986, Di Pixar, Jobs bertugas sebagai pejabat eksekutif Pixar.

Pada tahun 2006, Jobs menjadi anggota dewan direktur Disney, seiiring dengan bergabungnya Pixar dengan Disney. Salah satu film hasil karya Pixar adalah Toys Story.
"Saya rasa jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata menghasilkan sesuatu yang ternyata mengangumkan, maka Anda harus mencoba melakukan hal luar biasa lainnya, jangan terpaku terlalu lama. Temukan saja apa hal selanjutnya"-[Steve Jobs]
Kembali ke Apple
Pada tahun 1996, Jobs kembali ke Apple seiring dengan diakuisinya NeXT Computer oleh Apple senilai US$402 juta. Tahun 1997 ia menjadi bos sementara di Apple setelah Gil Amelio.

Kembalinya Jobs ke Apple membuat teknologi canggih yang dulu di kembangkan di NeXT Computer di terapkan di produk Apple selanjutnya NeXTSTEP yang kemudian berkembang lagi menjadi OS X. Dibawah kepemimpinan Jobs, penjualan kembali meningkat seiring diperkenalkannya iMac. iMac didperkenalkan pertama kali pada 7 Mei 1998

Pada tahun 2001, Apple merilis perangkat pemutar musik digital bernama iPod. Kemudian pada tahun 2007, Apple membuat perangkat telepon seluler dengan teknologi layar sentuh, iPhone. Menyusul kemudian iPad dan jam tangan iWatch.

Sakit dan mundur dari Apple
Pada tahun 2004, Steve didiagnosa sakit kanker pankreas yang membuatnya harus mengambil cuti medis. Karir cemerlang Jobs di Apple akhirnya terhenti. Jobs yang beru saja dinobatkan sebagai  CEO terbaik di Amerika itu harus istirahat dan menyerahkan tongkat kepemimpinan Apple kepada Tim Cook.

Meninggal Dunia
Setelah melawan penyakit yang dideritanya selama lebih kurang 7 tahun, Akhirnya Steve Jobs meninggal dunia di California pada tanggal  5 Oktober 2011.

Penghargaan
Selama hidupnya, Jobs yang visioner dan jenius serta inovatif tentu tidak luput dari penghargaan. Beberapa penghargaan yang diterimanya antara lain :
  1. National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan pada tahun 1984 bersama Steve Wozniak.
  2. Jefferson Award for Public Service dalam kategori "Pelayanan Publik Terbaik oleh Individu Berusia 35 Tahun atau Lebih Muda pada tahun 1987.
  3. Tokoh Bisnis Terkuat dari Majalah Fortune di tahun 2007.
  4. CEO Dasawarsa ini dari Majalah Fortune di tahun 2009.
  5. The World's Most Powerful People peringkat ke 57 dari Forbes.
  6. Tokoh Tahun Ini dari Financial Times pada tahun 2010.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments