Bill Gates

11:41 PM
Bill Gates (Foto : Flickr)
Terinspirasi.com. Anda pengguna sistem operasi Windows?, anda sepertinya harus berterima kasih kepada orang yang satu ini.  Tokoh kita ini adalah pencipta yang revolusioner untuk personal komputer.

Tokoh ini adalah tokoh inspiratif, banyak hal yang dapat diambil sebagai inspirasi bagi Terinspirasi.com sendiri maupun sobat-sobat pembaca sekalian.

Walaupun telah banyak ditulis dan diulas di berbagai media, Terinspirasi.com tidak mau ketinggalan juga untuk membahasnya. Berikut ini sedikit cerita tentang tokoh tersebut dan quote-quote dari Bill Gates yang di kutip dari beberapa sumber.

1. Masa Kecil dan Pendidikan
Dilahirkan di Seattle, Washington, 25 Oktober 1955 dengan nama lengkap William Henry Gates III  namun lebih dikenal dengan nama Bill Gates. Ayahnya adalah seorang pengacara bernama William Henry Gates Senior dan ibunya Marry Maxwell Gates, seorang anggota dewan direktur First  Interstate Banc System.
[Baca Juga] :
Sebagai anak yang terlahir dari keluarga orang yang berkecukupan, Gates kecil sangat tertarik dengan dunia komputer dan mampu  menempuh pendidikan disekolah yang bergengsi pada waktu itu, Lakeside School. Di sekolah tersebut, Gates bersama Paul Allen, Ric Weiland dan Kent Evans mendapat pelajaran pemograman komputer yang sangat disukainya. Hal tersebut membuat melupakan dan meninggalkan pelajaran Matematika yang merupakan kelas utama yang diikutinya.
Aku gagal dalam beberapa mata pelajaran di ujian, tapi temanku berhasil mengerjakan semuanya. Sekarang dia adalah insinyur di Microsoft, dan aku adalah pemilik Microsoft. [Bill Gates]
Lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dengan nilai yang nyaris sempurna, ia memperoleh nilai 1590 dari 1600. Gates melanjutkan pendidikannya ke Harvard University. Namun karena bakat dibidang pemograman, membuat dia sibuk dan terbengkalai lah kuliahnya. Ia dan temannya Paul Allen menyibukkan diri mereka di bidang pemograman.

Bill Gates Muda
2. Mendirikan Microsoft
Seiring dengan munculnya  MITS Altais 8800 dengan CPU Intel 8080 pada tahun 1974, dari situlah muncul idenya untuk mendirikn perusahaan perangkat lunak bersama dengan Paul Allen. Gates dan Allen menghubungi MITS dan menawarkan sistem operasi berbasis Basic hasil kreasi mereka untuk dipakai sebaga platformnya. MITS setuju dan kesepakatan pun dicapai, sistem operasi pertama itu diberi nama Altair Basic. Lalu Gates dan Allen memberi nama perusahaan mereka tersebut "Micro-Soft". Tanda sambung itu lama kelamaan dihilangkan sehingga menjadi Microsoft dengan Bill Gates menjadi pemegang saham mayoritas.

Aku benar-benar memiliki banyak mimpi saat kecil, dan aku berpikir ada banyak mimpi yang muncul dari fakta bahwa aku memiliki banyak kesempatan untuk membaca. [Bill Gates]
Pada tahun 1974, IBM mengumumkan butuh sistem operasi untuk  komputer mereka dan meminta Microsoft untuk membuatnya, akhirnya terciptalah sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang lisensinya tetap dimiliki oleh Microsoft. Dari kerjasama pengadaan sistem operasi untuk IBM itulah kejayaan Microsot dimulai.

3. Kepemimpinan
Sampai tahun 2006,  Gates bertanggung jawab terhadap strategi perusahaan dan juga sekaligus sebagai programer. Upaya untuk terus menerus menguasai pasar dan mempertahankannya sekuat tenaga, ia bahkan cenderung ingin memonopoli pasar. Hal ini lah yang mungkin membuat sikapnya cenderung agak keras kepada manajer-manajernya.

Tidak jarang ia sering memotong presentasi-presentasi manajernya dengan kata-kata pedas dan Gates juga selalu meminta kepada manajer-manajernya untuk menyampaikan presentasi yang sedetil mungkin sehingga mendapat dia yakin.
Aku mempelajari apapun tapi tidak pernah mendapatkan peringkat teratas. Tapi hari ini, orang yang mendapatkan peringkat paling atas dari universitas terbaik adalah karyawanku. [Bill Gates]
4. Isteri dan Anak
Bill Gates menikah dengan Melinda French atau sekarang dipanggil Melinda Gates pada tanggal 1 Januari 1994, dari hasil perkawinan tersebut, mereka dikaruniai  tiga orang anak, yaitu : Jennifer Katharine Gates (1996), Rory John Gates (1999), dan Phoebe Adele Gates (2002.

5. Menjadi Orang Terkaya di Dunia
Semenjak tahun 1993 sampai dengan 2007, nama Bill Gates selalu hadir dalam daftar teratas orang terkaya didunia versi Majalah Forbes. Hartanya pernah melawati anggka 101 Milyar Dollar pada tahun 1999 sehingga media menjulukinya "centibillionaire".

Kendati menjadi salah satu orang terkaya didunia, iya kurang suka dengan julukan orang terkaya didunia karena ia tidak suka perhatian karena gelar itu.

Setelah pensiun dari Microsoft, ia lebih banyak aktif dikegiatan sosial dan mengurus yayasannya (Bill and Melinda Gates Foundation) bersama sang isteri dan selalu aktif menyumbang jutaan dollah untuk urusan sosial.
Jika kau tidak bisa membuatnya dengan baik, setidaknya buatlah itu terlihat baik. [Bill Gates]
Begitulah sepintas kisah tokoh inspiratif kita, Kerja keras dan tekad tidak pernah sia-siajika dikerjakan dengan sepenuh hati dan sabar. Semoga artikel ini bermanfaat dan sobat Terinspirasi.com mendapat inspirasi darinya. [ ]

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments