Kisah Sukses Orang India di Jagat Teknologi

8:53 AM


Terinspirasi.com. India adalah negara dari Asia Selatan yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 2 didunia setelah Tiongkok. Dengan ditopang jumlah penduduk dan luas wilayah yang besar tersebut, sekarang India menjadi salah kekuatan dibidang ekonomi, militer, teknologi informasi, otomotif dan tentu saja industri perfilman yang berpusat di Bollywood.

Sobat Terinspirasi.com, dahulu India adalah negara yang belum maju, stereotip yang masih membekas dari dulu sampai sekarang terhadap India menurut Terinspirasi.com adalah kumuh, miskin, penduduknya berjubel dengan menempati pemukiman yang padat. Mata uangnya (Rupee) dicap sebagai mata uang recehan.

Sekarang, walaupun setengah dari penduduknya masih miskin, India telah menunjukkan kepada dunia bahwa mereka berhasil dalam berbagai hal, salah satunya sumber daya manusianya yang mampu bersaing secara global.
Baca Juga : Mereka Yang Sukses Dari Youtube
Fenomena yang terjadi sekarang, banyak orang India yang menjadi pimpinan di perusahaan teknlogi tingkat dunia seperti Google dan Microsoft. Seperti Terinspirasi.com kutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kisah sukses orang-orang dari India yang menguasai jagat teknologi :

Sundar Pichai 

Sundar Pichai
Pria kelahiran India kelahiran tahun 1967 ini sekarang telah menjabat sebagai Chief Head Officer (CEO) dari raksasa mesin pencari, Google. Di Google, ia mengelola produk-produk unggulan dari Google seperti sistem operasi Android, Search Engine, You Tube, Ads, Apps dan lain-lain.

Sebelum ditunjuk sebagai CEO, pada tahun 2008 Pichai bersama timnya meluncurkan produk lainnya, Chrome.

Satya Nadella

Satya Nadella
Setelah pensiunnya Steve Ballmer, raksasa software asal Silicon Valley, Microsoft mengangkat Satya Nadella sebagai CEO nya. Nadella yang telah mengabdi 20 tahun di Microsoft sebelum menjadi CEO, ia terlibat antara lain sebagai VP di divisi Online Service dan  Microsoft Cloud Computing.
diantaranya Search Engine, ads, maps, apps, YouTube dan sistem operasi Android.

Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/perusahaan-teknologi-dunia-kini-dikuasai-orang-dari-negri-bollywood/
Search Engine, ads, maps, apps, YouTube dan sistem operasi Android

Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/perusahaan-teknologi-dunia-kini-dikuasai-orang-dari-negri-bollywood/
Pria kelahiran Anantapur, India, 19 Agustus 1967 adalah CEO ketiga Microsoft setelah Steve Ballmer dan sang pendiri, Bill Gates.


Nadella sebelumnya pernah bekerja di Sun Microsystems sebelum bergabung dengan Microsoft pada tahun 1992.

Vinod Khosla

Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/perusahaan-teknologi-dunia-kini-dikuasai-orang-dari-negri-bollywood/Vino
Vinod Khosla

Vinod Khosla
Lahir di Gurmukhi, India, 28 Januari 1955, Khosla sukses sebagai salah miliarder di Amerika Serikat setelah berjaya dengan perusahaan yang didirikannya, Suns Microsystems (perusahaan yang menciptakan bahasa pemograman Java dan Network File System/NFS).

Khosla juga mendirikan Cerent, perusahaan telekomunikasi yang kemudian diambil alih oleh Cisco.


Shantanu Narayen

Shantanu Narayen
Bagi penggemar photography, pasti kenal dengan software olah digital foto yang sangat terkenal, Photoshop. Photoshop adalah hasil dari kreasi dari Adobe System dimana Shantanu Narayen menjadi CEO dan Presiden.
Di Adobe, pria lulusan lulusan Teknik Elektronika di Universitas Ormania Hyderabat ini menangani operasional, pengembangan produk dan perusahaan serta  penelitian.
Sebelum di Adobe, Shantanu yang dilahirkan di Telugu, India, 27 Mei 1963 sempat berkerja di Apple dan Silicon Graphics.
 
Disamping nama-nama diatas, terdapat nama-nama seperti dibawah ini yang tercatat memimpin perusahaan teknologi top dunia :
  1. Patmasree Warrior (Chief Technology Officer/CTO Motorola)
  2. Amit Singhal (VP Senior Google)
  3. Rajeev Suri (CEO Nokia)
  4. Ajay Banga (CEO Master Card)
  5. George Kurien (CEO NetApp)
  6. Ivan Manuel Menezes (CEO Diageo)
  7. Sanjay Kumar Jha (CEO GlobalFoundries) dan masih banyak lagi.
Dari nama-nama diatas, dapat disimpulkan bahwa banyak orang-orang pintar dari India yang dipakai jasanya oleh perusahaan teknologi tingkat dunia dan ini membuktikan kualitas mereka.
Suatu bangsa yang mampu berkorban tanpa batas juga mampu bangkit mencapai ketinggian tanpa batas. Semakin murni pengorbanan itu, semakin cepat perkembangannya. [Mahatma Gandhi]
Tentunya semua ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, semua melalui perjuangan. Kebanyakan dari mereka setelah lulus kuliah di negaranya, mereka melanjutkan pendidikannya di negeri Paman Sam dan rata-rata mereka adalah lulusan unversitas ternama sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi.

Demikian sedikit kisah sukses orang-orang India dijagat teknologi, semoga dapat memberi sobat sedikit inspirasi. [ ]

Artikel Lainnya

First
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment